Rabu, 28 September 2011

Proses Keimanan Manusia (1)


Sesungguhnya Alloh tidak mengubah ‘ keadan’ suatu kaum sebelum kaum itu sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka. (QS. Ar Ro’du:11)

Ketika seorang anak ditanya, “Mengapa kamu mencintai orang tuamu?” Ia menjawab” karena orang tuaku baik, sayang, dll. Semua bernada positif. Ketika diajukan dengan pertanyaan yang sebaliknya,” Mengapa kamu membenci fulan?” Ia menjawab," karena ia jahat, pemarah dll".  Semuanya bernada negative. Kemudian jika pertanyaan dilanjutkan. "Apa yang akan kamu lakukan kepada orang tuamu dan apa juga yang akan kamu lakukan jika nanti bertemu dengan fulan?". Jawabnya pasti anak tersebut akan melakukan tindakan yang positif kepada orang tuanya dan sebaliknya akan melakukan hal-hal yang negative kepada si fulan yang ia benci. 

Demikianlah... Anak tersebut telah mempunyai pemahan terhadap seseorang yang dalam hal ini orang tuanya dengan pemahaman yang positif sehingga ia menunjukkan sikap yang positif (baik) kepada orang tersebut. Sebaliknya, ia akan melakukan tindakan yang kurang baik(negatf) kepada orang yang ia pahami negative.

Jadi tingkah laku seseorang sangat terkait dengan mafahimnya ( pemahamannya). Oleh karena itu jika kita ingin mengubah perilaku seseoraong di dunia ini, maka langkah pertama yang harus kita lakkukan adalah dengan membentuk pemahamannya (mafahimnya) terhadap dunia ini dengan benar.

Kehidupan dunia ini tidak akan terlepas dari 3 hal besar (uqdatul Qubro) yaitu manusia, alam semesta, dan kehidupan tentang alam itu sendiri (sebelum, sekarang dan sesudah adanya alam dunia ini). Pemahaman atas ketiga hal diatas akan melahirkan satu pemahaman yang menyeluruh tentang kehidupa ini.  Jika pertanyaan tentang ketiga hal diatas telah terurai maka akan terurai seluruh pertanyaan-pertanyaan lalin tentang kehidupan ini.

Pemecahan  ketiga hal diatas harus dengan jernih, sesuai dengan fitrah, memuaskan akal dan memberikan ketenangan jiwa, karena pada hakekatmyajawaban atas ketiga hal diatas merupakan landasan berfikir bagi setiap pemikiran yang berhubungan dengan perilaku serta tata aturan dalam kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar